Touch Panel Resistive

Touch Panel Resistive banyak dipakai di bidang industri karena ketahanan terhadap noise yang dibangkitkan oleh motor / generator di pabrik. Sehingga banyak peralatan kontrol ( Factory Automation ) yang menggunakan Touch Panel Resistive. Disamping itu, touch panel Resistive hanya dapat mendeteksi 1 sentuhan setiap saat ( Single Touch ). Sehingga sekarang telah dikembangkan MTR ( Multi Touch Resistive ) yang dapat mendeteksi 2 sentuhan setiap saat.

Touch Panel Capacitive

Berbeda dengan Resitive Touch Panel yang harus di tekan untuk mengaktifkannya, maka Touch Panel Capacitive cukup disentuh dengan jari kita untuk mengaktifkannya. Kelebihan lain dari Capacitive adalah bersifat multi touch ( bisa menerima sentuhan lebih dari satu pada saat yang bersamaan ). Capacitive touch panel banyak dipakai untuk pembuatan Kiosk / Digital Signage.

Teknologi Resistive

Teknologi Resistive

Resistive Touch Panel banyak digunakan pada peralatan industri dalam bentuk HMI ( Human Machine Interface ) karena sifatnya yang tahan terhadap noise yang dihasilkan oleh motor/generator di pabrik. Resistive Touch panel terdiri dari lapisan ITO - Film dan ITO - Glass dengan spacer dot, yang mencegah 2 layer tersebut saling terhubung jika tidak ditekan. Untuk mengaktifkan Resistive Touch Panel ini dilakukan dengan cara melakukan penekanan pada bagian ITO - Film sampai ITO pada Film dan ITO pada Glass terhubung ( lihat gambar ). Untuk melakukan penekanan itu bisa menggunakan jari , stylus, gloves, atau apapun asal bisa terjadi tekanan. Touch Panel Resistive hanya dapat merespon satu sentuhan saja ( Single Touch ) Karakteristik dan keunggulan Touch Panel Resistive : 1. Bisa mendeteksi input dengan bentuk apapun ( jari , kuku , sarung tangan, pen, stylus dll ) 2. Kehandalan sampai 10 juta sentuhan di titik yang sama ( 4 Wire ) dan 35 juta sentuhan ( 5 Wire ) 3. Tersedia dalam ukuran 3.8 inchi sampai 21.3 inchi 4. Tahan terhadap noise yang umumnya dihasilkan motor / generator di pabrik. 5. Tersedia lapisan tambahan seperti anti glare, anti UV, overlay print dll 6. Tersedia Controller yang kompatibel dengan OS Windows, Linux dan Android